Sabtu, 16 Januari 2010

*Arsitektur Komputer*




Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, Asal mulanya, pengolahan informasi sangat erat hubungannya dengan aritmatika, tetapi komputer modern saat ini dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Seperti misalnya untuk mengetik, membuka siklus web, dll.
Segmentation: Pada sistem segmentasi alamat logika pada kode instruksi program juga perlu ditranslasi pada saat dieksekusi. Misalnya sistem memori computer menggunakan alamat 16 bit sehingga maksimal kapasitas memori utama adalah 64 kbyte. Bit alamat logika dapat dipecah atas nomor segmen dan alamat offset. Misalnya, nomor segmen menggunakan 4 bit atas alamat logika, yang berarti terdapat maksimal 212=4 kbyte. Misalnya dalam program terdapat instruksi jump[4848]. Pada saat eksekusi, berapakah alamat fisik hasil translasi dari referensi alamat logika 4848 pada instruksi jump tersebut? Jika direpresentasikan dalam bentuk biner, alamt logika 4848 adalah 000100101111000, yang berarti nomor segmennya adalah 1 (0001) dan alamat offsetnya adalah 752 (001011110000). Dati tabel segmen proses terlihat bahwa segmen 1 dialokasikan pada memori fisik pada alamat awal 8224 sehingga pada saat dieksekusi alamat 4848 akan ditranslasi menjadi 8224 + 752 = 8976
Alamat yang dibangkitkan oleh CPU disebut alamat logika (logical address) dimana alamat terlihat sebagai uni memory yang disebut alamat fisik (physical address). User program tidak pernah melihat alamat fisik secara real. Program dapat membuat sebuah penunjuk ke lokasi 346, mengirimkan ke memory, memanipulasinya, membandingkan dengan alamat lain, semua menggunakan alamat 346. Hanya ketika digunakan sebagai alamat memory akan direlokasi secara relatif ke register basis. Alamat Relatif / Logika adalah alamat memori yang digunakan oleh user’s dalam bahasa mesin.
Segmentasi adalah skema manajemen memori yang memungkinkan user untuk melihat memori tersebut. Ruang alamat logika adalah kumpulan segmen. Setiap segmen mempunyai nama dan panjang. Spesifikasi alamat berupa nama segmen dan offset. Segment diberi nomor dan disebut dengan nomor segmen (bukan nama segmen) atau segment number. Segmen dibentuk secara otomatis oleh compiler. Sebuah program adalah kumpulan segmen. Suatu segmen adalah unit logikaseperti program utama, prosedur, fungsi, metode, obyek, variabel lokal, variabel global, blok umum, stack, tabel simbol, array dan lain-lain. Pandangan user terhadap system.

Saluran data adalah saluran yang menghubungkan untuk dan dari data yang terdapat pada prosessor dengan data yang ada dimemori.
Banyaknya saluran data ke prosessor dan kememori, disesuaikan dengan banyaknya bit penyimpanan data.

Saluran alamat adalah saluran yang menghubungkan jumlah alamat pada memori terhadap prosessor, banyaknya jumlah saluran alamat disesuaikan dengan banyaknya hasil perpangkatan dari kapasitas memori.

Saluran alamat ke-ecoder yaitu saluran pengendali untuk memberikan perintah ke alamat mana data akan disimpan. Banyaknya jumlah saluran ecoder disesuaikan dengan banyaknya memori yang digunakan dalam rangkaian.


berikut cara perhitungan serta peta memori
*16k x 8bit*
Proses perhitungan!!!!!
16K * 8Bit
214    * 8Bit
16384 * 8Bit
SA=14                         A.Awal = 0000h
SD=8                           A.Akhir = 3FFFh
*  4 BUAH               4k * 8Bit
4096 * 8Bit
212   * 8Bit
SA=12                   A.Awal = 000
SD=8                     A.Akhir = FFF




Chip


A13


A12


A11


A10


A9


A8


A7


A6


A5


A4


A3


A2


A1


A0


HEXA


A
4K*8Bit


0


0


0




0


0


0


0


0


0


0


0


0


0


0


000


FFF


0000


0FFF


0


0


1


1


1


1


1


1


1


1


1


1


1


1


B
4K*8Bit


0


1


0


0




0


0


0


0


0


0


0


0


0


0


000


FFF


1000


1FFF


0


1


1


1


1


1


1


1


1


1


1


1


1


1


C
4K*8Bit


1


0


0


0




0


0


0


0


0


0


0


0


0


0


000


FFF


2000


2FFF


1


0


1


1


1


1


1


1


1


1


1


1


1


1


D
4K*8Bit


1


1


0


0




0


0


0


0


0


0


0


0


0


0


000


FFF


3000


3FFF

1


1


1


1


1


1


1


1


1


1


1


1


1


1


Dan Gambar Gerbang Logikanya  :


X


Y


A


B


C


D


0


0


1


0


0


0


0


1


0


1


0


0


1


0


0


0


1




0


1


1


0


0


1


1















<data:blog.pageTitle/>







Blogger Template by ThemeLib.com
Theme Name: *******(nama template mu)
Theme URI: *********(url template)
Author URI: *********(pembuat template)
Version: 1.0
#navbar, #navbar-iframe {
height: 0px;
visibility: hidden;
display: none;
}



Tidak ada komentar:

Posting Komentar